Pengertian Web Server, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Pengertian Web Server Fungsi dan Cara Kerja

Apa itu Web Server ?

Pengertian Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

Singkatnya
Web Server adalah software tempat atau layanan dimana pertukaran data terjadi antara Server Dan Client. Antara Web Server Dan Web Browser.


Adapun software yang memiliki kemampuan Web Server ??




note : urutan di atas berdasarkan ke populeran software dan masih banyak lagi software web server selain di atas. kalian bisa mengklik list yang berwarna untuk melihat lebih lengkap.

Lalu Apa itu Web browser ??

Web Browser atau Web Client Adalah Software untuk melakukan request ke Web server adapun sonftwarenya sebagai berikut:

  • Google Chrome
  • Firefox
  • Safari
  • UC Browser
  • Internet Explorer
  • Opera

Fungsi Web Server ?

Fungsi Web server adalah untuk melakukan pengiriman berkas, yang di minta pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa ( HTTP / HTTPS ). Biar lebih jelasnya kalian bisa lihat di bagian address bar atau url saat ini anda. ini juga memgunakan protokol http dan https. jadi yang kalian lihat dan kalian bacaa saat ini adalah olahan dari fungsi web server. kalian bisa meliahat gambar, informasi, dan mendownload software pun menggunakan protokol http dan https. bahkan andapun sebenarnya sudah menggunakan teknologi ini, tampa kalian sadari.



Cara Kerja Web Server ?

Seperti yang saya bilang sebelumnya tentang fungsi Web Server. yang mana akan mengembalikan setiap request ke client. dalam bentuk yang mereka minta.

cara kerja web server

Secara Teknis Web Server hanyalah sebuah software yang di tugaskan untuk, melakukan respon terhadap Request. Kalian bisa lihat gambar di atas, itu lah proses penglolahan data yang terjadi.
Disana ada komputer yang di asumsikan melakukan request ke web server, lalu web server akan melakukan proses penglolaan seperti mengambil data dari databases dan memproses data tersebut ke program server side seperti PHP, Python, Node.js, Perl, Ruby. Yang nanti nya data yang di kirim dari web server itu akan di kirim ke client dengan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol). dalam bentuk apa yang mereka minta entah itu file HTML, EXE, Atau data lain..


Demikian post ini saya sajikan untuk membantu pemahaman kalian. Semoga bermanfaat, jangan lupa baca post yang lain  :))


Posting Komentar

3 Komentar