Nginx Vs Apache2 | Perbandingan Web Server


Postingan ini berdasarkan beberapa refrensi, dan pengalaman pribadi. Adapun penyampaian yang ada di postingan kali ini adalah Opini yang saya dapat.

Pengatar dari artikel ini mungkin kalian bisa baca Post dibawah


Kita mulai dari berapa Banyak yang menggunakan Nginx dan Apache2
dari beberapa refrensi, Apache2 jelas lebih banyak di gunakan di banding nginx kalian bisa lihat dari grafik di bawah ini yang saya dapat dari news.netcraft.com

kita bisa lihat dari grafik ini, kelihatannya nginx terus naik dari tahun ke tahun. sedangkan apache masih terus dominasi dari kebanyakan yang di gunakan sebgai web server. walaupun apache menurun sebaliknya di banding populasi nginx. data di atas di abil dari postingan tgl 19 jan 2018.


Kapan mereka Apache dan Nginx lahir ?
Apache

  • Dimulai tahun 1995 oleh Robert McCool, alumni University of Illinois, yang secara berkelanjutan mengembangkan di bawah Apache Software Foundation sejak 1999.

Nginx

  • Dimulai tahun 2002 oleh Igor Sysoev, seorang insiyur perangkat lunak Rusia, sebagai solusi atas masalah C10k—tantangan bagi server-server web untuk menangani 10.000 koneksi secara, Rilis publik awal dibuat pada tahun 2004.


jadi mungkin kalian bisa tau awal tujuan mereka di buatkan. data ini di ambil dari postingan code.tutsplus.com.


Terus Para SysAdmin itu Biasa menggunakan yang mana ?
Apache sering dipilih oleh administrator karena fleksibilitasnya, kekuatannya, dan dukungannya yang luas. Ini dapat diperluas melalui sistem modul yang dapat dimuat secara dinamis dan dapat memproses sejumlah besar bahasa yang diterjemahkan tanpa menghubungkan ke perangkat lunak terpisah.

Nginx sering dipilih oleh administrator untuk efisiensi sumber daya dan responsif di bawah beban. Advokat menyambut fokus Nginx pada server web inti dan fitur proxy.

Source : digitalocean.com

kalo saya sendiri lebih sering menggunakan Apache untuk local server ya karna mudah dan lebih fleksibel aja. sedang kan nginx sering saya pakai untuk kebutuhan server online. karna di lebih sedikit makan RAM. jadi kalo di bilang bagus mana ? semua bagus tergantung kebutuhan !!

Oh iya sedikit info aja ya. di lomba LKS tingkat SMK waktu saya ikut itu menggunakan Apache Sebagai web server dan Nginx sebagai Reverse Proxy. jadi apache itu buat pemroses datanya dan nginx sebagai delivery. Jadi kalo misal kalian bingung mau make yang mana pake aja dua2 nya :)).


Kesimpulan

Performa Siapa yang menang ? Nginx
Flesibelitas ?  Apache
Jadi Sesuaikan kebutuhan projects :))




Posting Komentar

0 Komentar