Jenis-jenis IP Address dan Fungsinya

Jenis-jenis IP Address dan Fungsinya

 

Pengenalan: Apa itu IP Address

IP Address atau dalam bahasa indonesia Alamat IP adalah alamat identifikasi yang ditetapkan pada komputer dalam suatu jaringan tertentu secara unik yang arti nya berbeda-beda dan tidak boleh sama dalam suatu jaringan tertentu. Alamat ip address sendiri memiliki fungsi pengenal untuk setiap komputer dalam suatu jaringan dengan tujuan agar paket yang dikirim melalui jaringan tidak salah tujuan ke komputer lain / perangkat jaringan lain dan  singkatan dari IP adalah  Internet Protocol.


IP Address dalam kehidupan keseharian sering kita temui penggunaannya tanpa kita sadari, karena memang tidak semua orang harus tau ini, setidaknya dengan mengetahui ini bisa membantu kamu memahami lebih luas tentang peng-aplikasian ip address atau alamat IP dalam kehidupan sehari-hari, contoh yang sering kita gunakan adalah internet, kita mengakses google dan mencari dengan keyword saat itu google menampilkan apa yang kamu cari itu dan memberikan daftar web yang berkaitan dengan keyword kamu, itu juga ada kaitannya dengan teknologi IP. Singkat nya saat kamu berkomunikasi dengan google kamu sedang berkomunikasi dengan IP Address yang dimiliki google tanpa kamu sadari dan saat kamu mulai mengklik kitaadmin.com kamu pun sedang berkomunikasi dengan ip address yang web saya miliki. Kenapa begitu karena setiap informasi yang terkirim menggunakan jaringan komputer semua nya menggunakan IP address dan itu adalah tujuan dan tugas dari ip address.


jaringan komputer dengan teknologi IP address adalah sebuah anugrah dan revolusi, dengan ini kita bisa mengakses apapun dan berkirim informasi apapun dengan teknologi ini.


Jenis-jenis IP Address dan Fungsinya

selanjutnya saya akan menjelaskan fungsi ip address dan juga jenis-jenis ip address, yang memiliki beberapa jenis yang menarik untuk dijelaskan, baca penjelasan saya di bawah ini.


Fungsi IP Address

fungsi utama dari IP Address adalah untuk identifikasi komputer dalam sebuah jaringan, sampai disini sebenarnya sudah cukup menjelaskan, tentang fungsi dari ip address, saya ingin menjelaskan beberapa kekeliruan fungsi ip address yang dijelaskan pada website / postingan artikel lain, yang mengatakan ip address adalah  address adalah susunan angka unik yang menghubungkan kita ke internet itu sebenarnya adalah pernyataan yang tidak tepat, karena di versi IPv6 ip address tidak disusun dengan hanya angka saja, tapi juga ada alfabet dan bukan berarti jika kamu memiliki ip address di perangkat kamu kamu bisa berkomunikasi dengan ip address yang ada di internet, ini salah besar, karena seperti yang saya singgung sebelumnya ip address adalah alat identifikasi komputer untuk berkomunikasi, bukan untuk mendapatkan internet. Internet adalah jaringan komputer global dan ip address adalah teknologi pengenalan komputer, disini kamu tau bedanya kan. 


kamu tidak akan pernah mendapatkan internet dengan hanya ip address, kamu juga harus terhubung dengan jaringan internet.


ih kok gitu sih? iya benar, karena pada dasar nya ip address memiliki banyak jenis dan istilah yang tidak bisa hanya didefinisikan seperti yang saya sampaikan tadi. Kamu juga harus memahami jenis-jenis atau macam-macam istilah IP Address, saya pikir ini akan membantu kamu memahami lebih dalam tentan ini.


Jenis-jenis IP Address

IP Address memiliki jenis-jenis yang berbeda dan istilah yang beragam, dan penggunaan nya dalam dunia nyata yang juga berbeda. setiap jenis-jenis ip address memiliki kegunaan yang sangat beragam, berikut adalah daftar jenis-jenis ip address beserta penjelasannya :

IP Address Public

IP Address public adalah salah jenis ip address yang definisikan berdasarkan pemanfaatan jaringan internet, ip address public ini hanya dimiliki beberapa organisasi atau perusahaan besar dan tidak bisa di buat oleh individual. ip public ini digunakan kita untuk mengakses jaringan internet global. yang artinya tanpa ip public kita tidak bisa melihat atau mengakses google dan kitaadmin.com ini. ip public biasanya diberikan oleh provider internet (ISP) seperti telkomsel / indosat untuk kamu bisa mendapatkan akses ke internet, jadi jika kamu sekarang menggunakan internet sekarang, saat ini kamu sedang menggunakan ip public untuk berkomunikasi. penasaran dan mau cek ip address public yang kamu gunakan bisa cek google dan ketikan: whatismyip, lalu klik salah satu website dalam daftar pencarian itu.


IP Address Private

IP Address Private adalah ip address yang lawanan dari ip public yang artinya kamu menggunakan ini hanya pada jaringan lokal kamu saja, dan orang yang ada di internet / jaringan lain tidak bisa tau apa ip private kamu. ip private juga bisa kita buat sendiri tanpa harus izin atau menyewa dari perusahaan seperti telkomsel dan indosat.


IP Address Dinamis (Dynamic IP Address)

IP address dinamis ini adalah jenis ip address yang di bagikan secara acak, dengan masa atau rentang waktu yang terbatas, sebelum mereka berganti ke ip address lain nya. ip dinamis ini bisa saja terjadi di ip public dan ip private yang di setting secara otomatis. dan biasanya ini menggunakan teknologi broadcasting seperti DHCP  (Dynamic Host Configuration Protocol).

IP Address Statis (Static IP Address)

IP address static adalah ip address yang ditetapkan dan dalam penggunaannya tidak ada perubahan berkala. yang artinya tidak ada perubahan otomatis dalam kurun waktu tertentu untuk mengubah ip ini.


IPv4 (IP Address Versi 4)

IP Address versi 4 atau IPv4 ini adalah ip address yang paling banyak dan umum digunakan saat ini. ip address versi empat ini adalah inti dari internetworking standar di internet, IPv4 menggunakan ruang alamat 32-bit yang menyediakan 4.294.967.296  alamat yang berbeda. 

karakteristik IPv4 terletak dari penyusunan alamat yang terdiri dari 4 oktet setiap satu oktet mendefinisikan 8-bit, yang disusun dari himpunan angka tanpa huruf. 


IPv6 (IP Address Versi 6)

IPv6 (IP Address Versi 6) adalah penerus dari IP versi 4 (IPv4). perbedaan nya terletak pada jumlah bit dalam penyusunan alamat dengan IPv4, yang mendefinisikan alamat IP sebagai nilai 32-bit, alamat IPv6 memiliki ukuran 128 bit. ini membuat IPv6 4 kali lebih banyak menyediakan alamat IP dibandingkan dengan IPv4. juga pada IPv6 menggunakan huruf dan angka sebagai penyusunnya , yang memungkinkan tersedianya IPv6 tidak terhingga dengan manfaat ini IPv6 akan masih digunakan saat penggunaan ipv4  sudah mulai habis atau mencapai batas alokasinya.


Posting Komentar

0 Komentar