Virtual Machine: Pengertian, Manfaat, Contoh Dan Cara Kerja

Virtual Machine: Pengertian, Manfaat, Contoh Dan Cara Kerja
Virtual Machine: Pengertian, Manfaat, Contoh Dan Cara Kerja

Sejarah Virtual Machine

Virtual Machine atau mesin virtual awalnya dikemukakan oleh Gerard J. Popek dan Robert P di tahun 1974 sebagai sebuah alat penyalin yang fleksibel, efisien dan terisolasi dari pengaturan mesin utama asli (hardware), seiring perkembangan jaman virtual machine / mesin virtual memiliki banyak macam dan jenis nya, dan tidak hanya berputar kepada pemanfaatan virtual hardware / tapi juga sebagai, virtualisasi sistem operasi yang memungkinkan kita sebagai pengembang tidak perlu lagi menginstall sistem operasi tapi kita bisa langsung mem deploy sistem, dan  perkembangan ini memiliki nama lain yaitu server less, pada kesempatan lain saya akan menjelaskan tentang server less lebih detail.

Penjelasan Virtual Machine

Pengertian Virtual Machine atau disingkat VM adalah: sebuah software yang memiliki kemampuan untuk membuat ruang virtual pada komputer, atau membuat virtual pc dengan tujuan memudahkan pengguna menjalankan sistem operasi tanpa membeli hardware baru, singkat virtual mesin memungkin kan penggunanya mengakses  hardware utama, untuk dimanfaatkan secara virtual dalam komputer utama, jadi dengan virtual machine pengguna bisa menginstall dan menjalankan sistem operasi (guest os) lain di dalam sistem operasi utama (base os). tanpa harus memiliki mesin fisik.


dalam contoh kasus penggunaan virtual machine adalah sebagai berikut :

misal saya adalah seorang pemilik server dengan kapasitas ruang berlebih atau saya adalah seorang penyedia layanan hosting, saya memiliki keinginan untuk membuat jasa atau menyewakan raung di server saya untuk digunakan orang banyak, tentu dalam hal ini saya memiliki tantangan, karena pasti setiap orang ingin menggunakan sistem operasi yang berbeda, jadi tidak mungkin bisa jika tanpa virtual mechine saya bisa memenuhi kebutuhan setiap pengguna layanan saya. dengan teknologi dari virtual mesin ini lah saya bisa menyediakan sistem operasi dengan apa yang diinginkan pengguna saya, tanpa harus membeli hardware baru, dan ini sangat lah efisien karena saya bisa lebih berhemat dengan ini.


Cara Kerja Virtual Machine


penjelasan cara kerja virtual machine sederhana-nya adalah dengan membuat virtualisasi mesin pada komputer utama, virtual mesin akan membuat hardware virtual dalam sistem yang memungkin kan pengguna nya bisa mengakses duplikasi manfaat mesin tanpa harus memiliki hardware atau mesin fisik nya, dalam hal ini akan menghemat banyak biaya. dengan keunggulan / kemampuan seperti ini memungkinkan virtual machine membuat banyak komputer dalam 1 komputer utama yang bisa dibagi ke pengguna virtual mesin, tentu dengan cara ini kita bisa sangat memaksimalkan penggunaan mesin, tapi perlu diingat karena cara kerja virtual machine membuat duplikasi hardware virtual yang ada di komputer utama (base os) ini akan berdampak pada pemanfaatan ruang dan kemampuan komputer utama, ini menyebabkan sumber daya fisik di komputer di bagi-bagi ke setiap pengguna virtual mesin.



Fungsi atau Kegunaan Virtual Machine

kegunaan virtual machine / mesin virtual seperti yang saya jelaskan pada cara kerja virtual mesin. dan di studi kasus atau contoh penggunaan yang saya sampaikan sebelumnya.

Berikut ini adalah contoh kegunaan mesin virtual  digunakan dalam kehidupan nyata :


  • Membangun dan menerapkan aplikasi ke cloud, seperti penyedia layanan vps.

  • Mencoba sistem operasi baru, tanpa harus install ulang sistem operasi utama.

  • Memudahkan pembuatan lingkungan kerja dalam pengembangan software lintas sistem operasi.

  • Kemudahan dalam memindahkan pengaturan OS yang ada dalam virtual mesin lain ke virtual mesin software yang berbeda.

  • Menjalankan aplikasi lama dengan menginstal OS yang lebih lama.

  • Menjalankan atau mencoba software pada sistem operasi yang berbeda-beda dalam satu komputer.



Manfaat Virtual Machine


dengan fungsi virtual machine atau fungsi mesin virtual yang saya sebutkan diatas sebelumnya, tentu menimbulkan manfaat bagi pengguna mesin virtual seperti:

  • Kelincahan dan kecepatan: mudah dan cepat dan jauh lebih sederhana daripada menyediakan infrastruktur fisik baru untuk developer. Virtualisasi membuat proses menjalankan skenario dev-test jauh lebih cepat.

  • Penghematan biaya: menjalankan beberapa sistem operasi virtual dari satu komputer berarti dapat secara drastis mengurangi pembelian hardware. Ini meningkatkan keuntungan dan mengurangi kebutuhan untuk memelihara server yang hampir sama banyaknya dan menghemat biaya pemeliharaan dan listrik.

  • Waktu henti yang lebih rendah: VM sangat portabel dan mudah dipindahkan dari satu virtual mesin ke virtual mesin lainnya di mesin yang berbeda, berarti virtual mesin adalah solusi yang bagus cadangan, jika host mati secara mendadak.

  • Skalabilitas: Virtual Machine memungkinkan Anda menskalakan aplikasi dengan lebih mudah dengan menambahkan lebih banyak server fisik atau virtual untuk mendistribusikan beban kerja ke beberapa mesin virtual. Hasilnya, kamu dapat meningkatkan ketersediaan dan kinerja aplikasi Anda.

  • Manfaat keamanan: Karena mesin virtual berjalan di beberapa sistem operasi, menggunakan sistem operasi tamu (Guest OS) pada VM memungkinkan Anda menjalankan aplikasi dengan keamanan yang meragukan dan melindungi sistem operasi host Anda. VM juga memungkinkan forensik keamanan yang lebih baik, dan sering digunakan untuk mempelajari virus komputer dengan aman, mengisolasi virus untuk menghindari resiko komputer utama.



Berikut Contoh Software Virtual Machine:

ada beberapa software yang memiliki kemampuan mesin virtual yang populer digunakan, berikut adalah daftar software virtual machine yang sering digunakan :


  1. Windows Hyper-V

  2. Redhat Virtualization

  3. VMWare Server

  4. VMWare Fusion

  5. VMWare Workstation

  6. VirtualBox

  7. QEMU

  8. Windows Virtual PC

  9. Parallels Desktop

  10. V2 Cloud


Posting Komentar

0 Komentar