Pengertian SNMP Dan Cara Kerja nya

Pengertian SNMP Dan Cara Kerja nya

Apa itu SNMP ?

Simple Network Management Protocol (SNMP) adalah protokol lapisan aplikasi yang digunakan untuk manajemen perangkat jaringan. Protokol ini dapat mengumpulkan dan memanipulasi informasi jaringan yang berharga dari switch, router, server, printer, dan perangkat lain yang terhubung ke jaringan.

Jaringan yang dikelola SNMP terdiri dari dua komponen:


  • Network management station (NMS) - perangkat lunak yang berjalan pada komputer administratif. Perangkat lunak ini mengumpulkan data SNMP dengan meminta perangkat di jaringan untuk mengungkapkan informasi tertentu. Perangkat juga dapat menginformasikan NMS tentang masalah yang mereka alami dengan mengirimkan peringatan SNMP (disebut jebakan).
  • Agent - perangkat lunak yang berjalan pada perangkat yang dikelola dan melaporkan informasi melalui SNMP ke NMS.


Bagaimana Cara Kerja SNMP ?

Perhatikan contoh berikut:


cara kerja snmp


Router R1 dikonfigurasi untuk mengirim perangkap SNMP ke NMS Station. Jika masalah terjadi, router akan mengirim perangkap SNMP ke Host A. Sebagai contoh, jika ada pelanggaran keamanan port pada R1, router akan mengirim perangkap SNMP, memberitahukan bahwa ada potensi pelanggaran keamanan di jaringan.

CATATAN :
Agent SNMP menggunakan port UDP 161, sementara pengelola menggunakan port UDP 162. Versi SNMP saat ini adalah SNMPv3. Versi sebelumnya, SNMPv1 dan SNMPv2 dianggap usang dan tidak boleh digunakan.

Posting Komentar

0 Komentar