Pengertian Enkapsulasi Pada Jaringan

Pengertian Enkapsulasi  Pada Jaringan

Apa itu Enkapsulasi  ?

Istilah enkapsulasi digunakan untuk menggambarkan proses penambahan header dan trailer di sekitar beberapa data. Misalnya, inilah yang terjadi ketika Anda mengirim email menggunakan program email favorit Anda (seperti Outlook atau Thunderbird):


  • email dikirim dari lapisan Aplikasi ke lapisan Transport.
  • Lapisan transport merangkum data dan menambahkan tajuknya sendiri (dengan informasinya sendiri, seperti port mana yang akan digunakan) dan meneruskan data ke lapisan Internet
  • lapisan Internet merangkum data yang diterima dan menambahkan tajuknya sendiri, biasanya dengan informasi tentang alamat IP sumber dan tujuan. Lapisan Internet daripada meneruskan data ke lapisan Akses Jaringan
  • Lapisan Akses Jaringan adalah satu-satunya lapisan yang menambahkan header dan trailer. Data tersebut kemudian dikirim melalui tautan jaringan fisik.



Berikut ini adalah representasi grafis tentang bagaimana setiap lapisan menambahkan informasinya sendiri:



Setiap paket (header + encapsulated data) yang ditentukan oleh lapisan tertentu memiliki nama tertentu


  • Frame - encapsulated data yang ditentukan oleh layer Network Access. Bingkai dapat memiliki header dan trailer.
  • Paket - encapsulated data yang didefinisikan oleh layer Network. Header berisi alamat IP sumber dan tujuan.
  • Segmen - data encapsulated seperti yang didefinisikan oleh lapisan Transport. Informasi seperti port sumber dan tujuan atau nomor urut dan pengakuan disertakan dalam header.



CATATAN Dekapsulasi
istilah mengacu pada proses penghapusan header dan cuplikan saat data berpindah dari lapisan bawah ke lapisan atas. Proses ini terjadi pada komputer yang menerima data.


Enkapsulasi data dalam model OSI

Sama seperti dengan TCP / IP, setiap layer OSI meminta layanan dari lapisan bawah berikutnya. Lapisan bawah merangkum data lapisan yang lebih tinggi antara header (protokol Data Link juga menambahkan cuplikan).

Sementara TCP / IP model menggunakan istilah seperti segmen, paket dan bingkai untuk merujuk ke paket data yang didefinisikan oleh lapisan tertentu, model OSI menggunakan istilah yang berbeda: unit data protokol (PDU) . PDU mewakili unit data dengan header dan trailer untuk lapisan tertentu, serta data yang dienkapsulasi. Karena model OSI memiliki 7 lapisan, PDU diberi nomor dari 1 hingga 7, dengan lapisan Fisik menjadi yang pertama. Sebagai contoh, istilah Layer 3 PDU mengacu pada data yang dienkapsulasi pada layer Network dari model OSI.

Berikut ini adalah representasi grafis dari PDU dalam model OSI:

Pengertian Enkapsulasi  Pada Jaringan

Posting Komentar

0 Komentar