Pengertian DHCP dan Cara Kerjanya Lengkap

Pengertian DHCP dan Cara Kerjanya Lengkap

Apa itu DHCP ?

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol jaringan yang digunakan untuk menetapkan berbagai parameter jaringan ke perangkat. Ini sangat menyederhanakan administrasi jaringan, karena tidak perlu menetapkan parameter jaringan statis untuk setiap perangkat.

DHCP adalah protokol client-server. Klien adalah perangkat yang dikonfigurasi untuk menggunakan DHCP untuk meminta parameter jaringan dari server DHCP. Server DHCP menyimpan kumpulan alamat IP yang tersedia dan menetapkan salah satu dari mereka ke host. Server DHCP juga dapat menyediakan beberapa parameter lain, seperti:


  • subnet mask
  • default gateway
  • domain name
  • DNS server



Cara Kerja DHCP ?

Klien DHCP menjalani proses empat langkah:

Pengertian DHCP dan Cara Kerjanya Lengkap


1: Klien DHCP mengirim paket broadcast ( DHCP Discover ) untuk menemukan server DHCP di segmen LAN.

2: Server DHCP menerima paket DHCP Discover dan merespons dengan paket-paket DHCP Offer , menawarkan informasi pengalamatan IP.

3: Jika klien menerima paket DHCP Offer dari beberapa server DHCP, paket DHCP Offer pertama diterima. Klien merespons dengan menyiarkan paket Request DHCP , meminta parameter jaringan dari server yang merespons lebih dulu.

4: Server DHCP menyetujui sewa dengan paket DHCP Acknowledgement . Paket termasuk durasi sewa dan informasi konfigurasi lainnya.

CATATAN
DHCP menggunakan port UDP nomor 67 yang terkenal untuk server DHCP, dan nomor port UDP 68 untuk klien.

Posting Komentar

0 Komentar