Pengertian ARP dan Cara Kerjanya

Pengertian ARP dan Cara Kerjanya

Apa itu ARP (Address Resolution Protocol) ?

ARP (Address Resolution Protocol) adalah protokol jaringan yang digunakan untuk mengetahui alamat perangkat keras (MAC) dari suatu perangkat dari alamat IP. Ini digunakan ketika perangkat ingin berkomunikasi dengan beberapa perangkat lain di jaringan lokal (misalnya pada jaringan Ethernet yang membutuhkan alamat fisik untuk diketahui sebelum mengirim paket). Perangkat pengirim menggunakan ARP untuk menerjemahkan alamat IP ke alamat MAC. Perangkat mengirim pesan permintaan ARP yang berisi alamat IP perangkat penerima. Semua perangkat di segmen jaringan lokal melihat pesan, tetapi hanya perangkat yang memiliki alamat IP tersebut yang merespons dengan pesan balasan ARP yang berisi alamat MAC-nya. Perangkat pengiriman sekarang memiliki cukup informasi untuk mengirim paket ke perangkat penerima.

Paket permintaan ARP dikirim ke alamat broadcast (FF: FF: FF: FF: FF: FF untuk siaran Ethernet dan 255.255.255.255 untuk siaran IP).

Berikut adalah penjelasan dari proses ARP:

Pengertian ARP dan Cara Kerjanya

Katakanlah bahwa Host A ingin berkomunikasi dengan host B. Host A mengetahui alamat IP host B, tetapi tidak tahu alamat MAC host B. Untuk mengetahui alamat MAC host B, host A mengirim permintaan ARP, mencantumkan alamat IP host B sebagai alamat IP tujuan dan alamat MAC dari FF: FF: FF: FF: FF: FF (broadcast Ethernet) . Switch akan meneruskan frame keluar semua antarmuka (kecuali antarmuka masuk). Setiap perangkat di segmen ini akan menerima paket, tetapi karena alamat IP tujuan adalah alamat IP host B, hanya host B yang akan membalas dengan paket balasan ARP, yang mencantumkan alamat MAC-nya. Host A sekarang memiliki informasi yang cukup untuk mengirim traffic ke host B.

Semua sistem operasi memelihara cache ARP yang diperiksa sebelum mengirim pesan permintaan ARP. Setiap kali sebuah host perlu mengirim paket ke host lain di LAN, pertama kali memeriksa cache ARP untuk alamat IP yang benar dan alamat MAC yang cocok. Alamat akan tetap berada di cache selama beberapa menit. Anda dapat menampilkan entri ARP di Linux dengan menggunakan perintah arp  :

Pengertian ARP dan Cara Kerjanya

Jika kalian menggunakan Windows, Bisa coba dengan peritah arp -a

Posting Komentar

0 Komentar