Apa itu Jaringan Komputer ?

Jaringan komputer  atau computer network adalah sistem komunikasi komputer yang memunkinkan pertukaran data dari komputer satu ke komputer lain. Gampangnya Jaringan Komputer adalah sistem yang menghubungkan komputer agar dapat berkomunikasi satu sama lain.

Contoh Aktifitas yang melibatkan Jaringan Komputer

– Saat BerSelancar di Internet kita juga menggunakan jaringan komputer
– nonton video youtube
– bahkan membaca ini juga termasuk hasil dari komunikasi jaringan komputer

Kok bisa ?

Sebelum lebih jauh, Mari kita Pahami bagaimana cara kerja jaringan komputer.

Pada contoh di atas, kedua komputer terhubung secara langsung menggunakan kabel. Jaringan kecil ini dapat digunakan untuk bertukar data antara hanya dua komputer ini.

kalian bisa lihat pada contoh gambar sederhana di atas ada 2 komputer yang saling terhubung menggunakan kabel yang bertugas sebagai media Transmisi (bertukar data),  itu adalah salah satu tipe jaringan komputer sederhana yang hanya terhubung langsung yaiutu point to point.

Cara kerjanya pertama sender ( pengirim / Client) mengirim permintaan melalui protokol jaringan yang berbentuk encode dan mengKonfersi menjadi sinyal digital ke analog yang di terus kan ke media transmisi (dalam contoh ini gambar menggunakan kabel ) , lalu di trima oleh Reciver (penerima / Server) dan di ubah dari analog ke digital, lalu dari digital ke encode dan ti konfersi ke aplikasi dengan bentuk yang bisa di pahami manusia seperti tampilan website ini yang kalian baca.

jadi simpulannya tampilan ini juga di kirim melalui jaringan komputer.

Bagaimana sudah paham ? atau masih bingun ? kalo masih bingung gpp wajar kok, tapi seiring kalian belajar dan banyak mengerti banyak istilah dalam dunia jaringan seperti media transmisi, Topologi, Perangkat Jaringan, Protokol jaringan dan sebagainya kalian akan paham kok. Jadi nggk usah panik oke.

Sekian dari Saya Semoga bermanfaat dan jangan lupa Baca List jaringan dasar Disitu sudah saya buatkan list post langkah untuk memahami jaringan dasar. bye

Author

Seorang yang memiliki minat di dunia teknologi dan bekerja sebagai Freelancer. Keahlian System Adminstrator, Wordpress Devloper, & Network System.

Write A Comment