Pengertian Bash Shell - Pendahuluan Bash Scripting

Pengertian Bash Shell - Pendahuluan Bash Scripting

Apa itu Bash

Bash adalah bahasa yang berjalan di atas kernel entah itu Linux ataupun Unix, yang berfungsi sebagai penerjemah antara user dan sistem oprasi (kernel), Bash adalah salah satu dari sekian bahasa scripting sheel yang banyak di gunakan saat ini. singkatan dari Bash sendiri adalah Bourne again shell (bash).

Pemrograman Bash Shell 

Pemrograman Bash Shell atau lebih tepatnya Bash Scripting  adalah kegiatan menyusun atau mengelompokkan beberapa perintah shell, dengan tujuan agar dapat menyelesaikan tugas tertentu sesuai tujuannya.

T : Oh iya mau nanya !! sebenernya apa sih itu Shell, Scripting ?
J : Oke saya lanjut jelaskan ya !! :))

Apa itu Shell

sebelum lanjut menjelaskan ini sekarang  coba kalian buka terminal kalian. tau nggak kalo sebenarnya terminal yang kalian buka itu berisi shell. lalu apa sih sebenernya shell itu ? shell memungkinkan kalian dengan menggunakan perintah untuk berinteraksi dengan komputer , entah itu mengambil atau menyimpan data, memproses informasi dan berbagai tugas sederhana atau bahkan sangat rumit.

oke sekarang coba tuliskan `pwd` pada terminal kalian, lalu akan ada output lokasi printah itu di jalankan kan ?

nah tadi itu kalian baru saja kalian melakukan fungsi dari shell itu sendiri yaitu untuk berinteraksi pada komputer.

 Apa itu Scripting

Sama Seperti Bash Scripting di atas. Jadi Scripting adalah sekumpulan baris perintah shell yang di susun untuk menyelesaikan masalah.

Coba bayangkan kalian itu sebagai seorang SysAdmin kalian di tugaskan hampir setiap hari misal melakukan install dan konfigurasi ke pada server-server baru yang konfigurasi nya sama. tapi cara yang kalian lakukan itu manual pasti akan memakan banyak tenaga dan waktu kan ?

Kenapa Bash Scripting ?

karna kalo mau buat dengan bahasa program seperti python atau lainnya. itu lebih memakan waktu. dan nggak begitu baik. karna biasanya kan yang namanya konfig dan installasi itu sebenernya lebih memggunakan  interaksi shell, lagi pula sekali pun nanti pake bahasa program seperti python pasti ujung dari program itu intraksi ke shell kan, jadi kalo menurut saya itu nggak efisien kalo cuma buat konfig dan install bash scripting akan jau lebih baik. disisi Sysadmin

biar tidak membingunkan, saya contohkan ya

#!/bin/bash
ls -l

#!/bin/python
from subprocess import call
call(["ls", "-l"])

perintah atau program di atas sama-sama menampilkan list folder saat ini. dari segi pemrosesan data di atas lebih cepat pemrosesan program bash karna bash scripting langsung berintraksi pada shell di banding python yang harus mengImport subprosess lalu memangil method call, untuk hanya bisa berintraksi dengan shell . dari segi penulisan pun lebih ringan di bash ya kan??

Tapi Semua itu tergantung pada kalian lebih suka yang mana ? untuk kasus ini ??

Sekian dari saya semoga kalian suka ya :)) dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca Daftar di seri pembelajaran Bash di bawah dan Daftar belajar lainnya ya.

- Daftar Belajar Bash Scripting Pemula Indonesia
- Daftar Belajar Jaringan Dasar
- Daftar Tutorial Debian 9 Server Indonesia
- Daftar Belajar Menggunakan Wireshark | Network Security

Posting Komentar

0 Komentar