Assalamualaikum WR WB.

Allhamdullilah dalam kesepatan ini saya masih diberi kesehatan oleh tuhan untuk bisa berbagi pengalaman tentang hal yang perna saya pelajari dari berbagai sumber, dan trimakasi buat sumber-sumber yang telah baik membagikan pengalamannya dan meluangkan waktunya untuk di tulis ke sebuah karya tulis baik itu ebook, blog, atau artikel. Saya juga banyak belajar dari pengalaman saya sendiri, dan kali ini saya akan berbagi pengalam itu disini di blog kecil ini.

Harapan saya nanti semoga blog ini bisa jadi sumber kalian untuk menyelsaikan atau mungkin mejawab pertanyaan kalian itu, Pokok dan intinya blog ini semoga bisa bermanfaat buat kalian.

Tulisan ini di tulis berdasarkan pengalaman, dokumentasi, dan sumber yang perna saya pelajari dari internet, jadi jika nanti ada perbedaan pandangan tentang kondisi yang akan saya sajikan dalam tulisan kali ini saya mohon maaf, karna tidak ada tulisan dan dokumentasi sempurna kecuali tulisan tuhan.

Oke mungkin di atas adalah pembukan terbaik yang bisa saya ungkapkan, saya juga bingun, mau bilang apa lagi di Bab awal ini, maklum karya pertama saya .

Untuk pendahuluannya

Di harapkan sebelum kalian membaca tulisan selanjutnya dari bab ini kalian sudah bisa mengerti sedikit tentang jaringan Seperti :
Kenapa ? karna bentuk  tutorial yang akan saya sajikan berbentuk pengapplikasian secara langsung pada jarigan, jadi penting bagi kalian untuk belajar dan megerti itu ( walau sedikit ).

Jika kalian ingin mendalami mempelajari jaringan kalian bisa cari modul yang di pelajari anak smk TKJ karna saya sendiri belajar dari materi yang yang dipelajari anak TKJ.

Persiapan

Untuk perisapannya kalian membutuhkan tool wireshark kalian bisa download di link dibawah
Tools Pendukung :

Cara installasinya kalian bisa cari di internet.
Untuk informasi saja dalam praktek ini saya mengunakan OS kali linux jadi jika kalian memiliki os yang berbeda kalian bisa sesuaikan saja ya ..

Dan di bab selanjutnya kita akan melakukan pengenal WireShark, Memahami Cara Kerja nya ? KeUngulan Dari WireShark, Kapan Mengunakan WireShark ?,  dan masih banyak lagi.

Baca Juga

  • Apa itu Wireshark
  • Install Wireshark
  • Pengertian Virtualbox
Author

Seorang yang memiliki minat di dunia teknologi dan bekerja sebagai Freelancer. Keahlian System Adminstrator, Wordpress Devloper, & Network System.

5 Comments

Write A Comment